Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 19 Mei 2014

Selain lapar, ternyata ini 8 penyebab banyak makan

Aktif berolahraga jauhkan remaja dari rokokSaat ini tak sedikit remaja yang mulai mencoba untuk merokok. Keinginan untuk merokok bisa didapatkan dari lingkungan pergaulannya, teman-teman, tayangan televisi, atau melihat orang tua yang merokok. Padahal merokok bisa memberikan banyak dampak buruk terhadap kesehatan mereka.

Untuk itu, sebisa mungkin orang tua seharusnya mencegah dan memberikan wawasan pada anak untuk tidak mencoba merokok sejak awal. Sebuah penelitian terbaru mengungkap salah satu cara mudah untuk menjauhkan remaja dari rokok, yaitu dengan aktif berolahraga. Penelitian ini menunjukkan bahwa remaja yang aktif di bidang olahraga atau melakukan ekstrakurikuler olahraga memiliki kemungkinan lebih kecil untuk merokok atau minum minuman keras.

"Apa yang dilakukan anak di waktu senggangnya sangat penting. Orang tua seringkali berpikir bahwa aktivitas di luar sekolah tak begitu penting bagi anak. Namun penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ekstrakurikuler seperti olahraga bisa mencegah remaja untuk merokok dan minum alkohol," ungkap ketua peneliti Anna Adachi-Mejia dari Dartmouth College's Norris Cotton Cancer Center, seperti dilansir oleh Health Day News (16/05).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan survei pada 6.500 murid di Amerika Serikat pada tahun 2003. Partisipan memiliki rentang usia antara 10 sampai 14 tahun. Mereka ditanya tentang bermacam-macam aktivitas yang mereka lakukan di luar sekolah.

Sekitar 55,5 persen remaja menjelaskan bahwa mereka bermain olahraga dengan pelatih, sementara 55,4 persen lainnya tanpa pelatih. Selain itu ada juga yang memilih aktivitas musik, aktivitas keagamaan, dan lainnya. Peneliti menemukan bahwa remaja yang bermain olahraga dengan pelatih memiliki kecenderungan yang lebih rendah untuk merokok.

Meski begitu, peneliti masih belum mengetahui apa yang menyebabkan ekstrakurikuler olahraga berkaitan dengan berkurangnya kemungkinan remaja untuk merokok. Bisa jadi karena berkaitan dengan bidang kebugaran tubuh atau adanya pengawasan dari pelatih. Selanjutnya peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Tidak ada komentar: